.quickedit {display:none;}

Tuesday, May 28, 2013

SALURAN KOMUNIKASI DALAM DIFUSI INOVASI


Komunikasi :  
Berbicara tentang Komunikasi dalam Difusi dan Inovasi pendidikan. Menurut saya Komunikasi sangat berperan penting dalam Proses Inovasi dan juga difusi.Pada tahap keputusan Inovasi dari sana juga sudah kita temukan pentingnya komunikasi dimana Inovator harus dapat mengkomunikasikan Ide atau gagasannya terhadap calon adopter sebagai bahan pertimbangan untuk menerima ide tersebut, dari mulai tahap Pengetahuan, Persuasi, keputusan, Implementasi dan juga Konfirmasi. Setiap tahapan membutuhkan Komunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahan pemahaman informasi.  Komunikasi adalah proses dimana partisipan menciptakan dan berbagi informasi satu sama lain untuk mencapai suatu pemahaman bersama.  Apa peran Komunikasi dalam mendifusikan Inovasi ? Sebelumnya mari kita lihat terlebih dahulu Apa itu Difusi.
Difusi
Difusi  didefinisikan  sebagai  suatu  proses  dimana  suatu  inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu  selama jangka waktu  tertentu terhadap anggota suatu sistem sosial. Difusi dapat dikatakan juga sebagai suatu tipe komunikasi khusus dimana pesannya adalah ide baru. Disamping itu, difusi juga dapat diangap sebaai suatu jenis perubahan sosial yaitu suatu proses perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi sistem sosial. Jelas disini bahwa istilah difusi tidak terlepas dari kata inovasi. Karena tujuan utama proses difusi adalah diadopsinya suatu inovasi oleh anggota sistem sosial tertentu. Anggota sistem sosial dapat berupa individu, kelompok informal, organisasi dan atau sub sistem.
Difusi dapat dipandang sebagai suatu tipe komunikasi khusus dimana informasi yang dipertukarkannya adalah ide baru (inovasi). Dengan demikian, esensi dari proses difusi adalah pertukaran informasi dimana seorang individu mengkomunikasikan suatu ide baru ke seseorang atau beberapa orang lain.

Rogers menyebutkan ada empat unsur dari proses komunikasi ini, meliputi:
 1) inovasi itu sendiri;
 2) seorang individu atau satu unit adopsi lain yang mempunyai pengetahuan atau pengalaman dalam menggunakan inovasi;
3) orang lain atau unit adopsi lain yang belum mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan inovasi; dan
4) saluran komunikasi yang menghubungkan dua unit tersebut.
 Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi dalam proses difusi adalah upaya mempertukarkan ide baru (inovasi) oleh seseorang atau unit tertentu yang telah mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan inovasi tersebut (innovator) kepada seseorang atau unit lain yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai inovasi itu (potential adopter) melalui saluran komunikasi tertentu.
Saluran Komunikasi
Seperti yang telah diungkapkan di atas bahwa tujuan komunikasi adalah tercapainya suatu pemahaman bersama (mutual understanding) antara dua atau lebih partisipan komunikasi terhadap suatu pesan (dalam hal ini adalah ide baru) melalui saluran komunikasi tertentu.
Dengan demikian diadopsinya suatu ide baru (inovasi) dipengaruhi
 1) Partisipan komunikasi
 Dari sisi partisipan komunikasi, Rogers mengungkapkan bahwa derajat kesamaan atribut (seperti kepercayaan, pendidikan, status sosial, dan lain-lain) antara individu yang berinteraksi (partisipan) berpengaruh terhadap proses difusi. Semakin besar derajat kesamaan atribut partisipan komunikasi (homophily), semakin efektif komuniksi terjadi. Begitu pula sebaliknya. Semakin besar derajat perbedaan atribut partisipan (heterophily), semakin tidak efektif komunikasi terjadi. Oleh karenanya, dalam proses difusi inovasi, penting sekali untuk memahami betul karakteristik adopter potensialnya untuk memperkecil “heterophily”. Salah satu masalah yang paling khas dalam difusi inovasi adalah bahwa peserta biasanya cukup heterophilous. Misalnya, Seorang agen perubahan teknis lebih kompeten, misalnya, adalah lebih teknis kompeten dibandingkan kliennya. Perbedaan ini sering menyebabkan komunikasi tidak efektif karena peserta tidak berbicara bahasa yang sama. Bahkan, ketika dua individu yang identik tentang pemahaman teknis dari suatu inovasi, difusi tidak dapat terjadi karena tidak ada informasi baru untuk pertukaran. Sifat difusi menuntut bahwa setidaknya beberapa derajat heterophily hadir antara kedua peserta. Idealnya, mereka akan homophilous pada semua variabel lain (pendidikan dan status sosial, misalnya) meskipun mereka heterophilous tentang inovasi. Biasanya, dua individu yang heterophilous pada semua variabel karena penyuluhan, dan pengalaman dengan inovasi sangat berkaitan dengan status sosial, pendidikan, dan sejenisnya.

2) Saluran komunikasi.
Sementara itu, saluran komunikasi juga perlu diperhatikan. Dalam tahap-tahap tertentu dari proses pengambilan keputusan inovasi, suatu jenis saluran komunikasi tertentu memainkan peranan lebih penting dibandingkan dengan jenis saluran komunikasi lain.                        Hasil penelitian berkaitan dengan saluran komunikasi menunjukan beberapa prinsip sebagai berikut:                                                                                                            1) saluran komunikasi masa relatif lebih penting pada tahap pengetahuan dan saluran antar pribadi (interpersonal) relatif lebih penting pada tahap persuasi;                                           2) saluran kosmopolit lebih penting pada tahap penetahuan dan saluran lokal relatif lebih penting pada tahap persuasi.                                                                                                        3) saluran media masa relatif lebih penting dibandingkan dengan saluran antar pribadi bagi adopter awal (early adopter) dibandingkan dengan adopter akhir (late adopter); dan          4) saluran kosmopolit relatif lebih penting dibandingkan denan saluran local bagi bagi adopter awal (early adopter) dibandingkan dengan adopter akhir (late adopter).


Sementara itu, saluran komunikasi tersebut dapat dikategorikan menjadi dua yaitu:
1) saluran media massa (mass media channel) : Saluran media massa sering dikatakan cara yang paling cepat dan efisien untuk menginformasikan pemirsa pengadopsi potensial tentang keberadaan suatu inovasi, yaitu, untuk menciptakan kesadaran atau penyuluhan. Media massa dapat berupa radio, televisi, surat kabar, dan lain-lain. Kelebihan media massa adalah dapat menjangkau audiens yang banyak dengan cepat dari satu sumber. Untuk menjangkau banyak Individu memang lebih baik menggunakan saluran media massa. Media massa dapat: (1) menjangkau khalayak yang besar dengan cepat, (2) menciptakan informasi pengetahuan dan menyebar, dan (3) mengarah pada perubahan sikap lemah yang diadakannya.

2) saluran antarpribadi (interpersonal channel). Di sisi lain, saluran interpersonal yang lebih efektif dalam membujuk seseorang untuk menerima ide baru, terutama jika link saluran antarpribadi dua atau lebih individu yang sama dalam status sosial ekonomi, pendidikan, atau cara-cara penting lainnya. Saluran interpersonal melibatkan pertukaran tatap muka antara dua atau lebih individu. Sedangkan saluran antarpribadi melibatkan upaya pertukaran informasi tatap muka antara dua atau lebih individu. . Saluran ini memiliki efektivitas yang lebih besar dalam menangani resistensi atau sikap apatis pada bagian dari berkomunikasi itu. Apa yang harus dilakukan agar saluran pribadi menjadi yang terbaik?
1. Menyediakan pertukaran dua arah informasi. Satu individu bisa mendapatkan klarifikasi atau informasi tambahan tentang inovasi dari individu lain. Hal karakteristik dari jaringan antarpribadi dari individu lain. Ini karakteristik dari jaringan antar pribadi yang sering memungkinkan mereka untuk mengatasi hambatan sosial-psikologis paparan yang selektif pengamatan dan retensi.
2. Membujuk seseorang untuk membentuk atau mengubah sikap yang dipegang kuat. Ini peran saluran antar pribadi yang sangat penting dalam membujuk seorang individu untuk menerapkan sebuah inovasi.
Dapat kita simpulkan bahwa difusi adalah proses yang sangat sosial.


Komunikasi dalam Tahapan Inovasi
Informasi yang menciptakan kesadaran pengetahuan suatu inovasi jarang sekali berasal  dari sumber sehingga mereka aktif mencari. Informasi tentang ide baru hanya bisa aktif (1) setelah mereka sadar bahwa gagasan baru ada, dan (2) saat mereka tahu mana sumber atau saluran yang dapat menyediakan informasi tentang inovasi. Selanjutnya, kepentingan relatif dari sumber yang berbeda atau saluran komunikasi tentang inovasi sebagian bergantung pada apa yang di tersedia bagi para penonton dari pengadopsi potensial.
                Kemudian dalam proses keputusan inovasi, pada tahap persuasi dan keputusan, Saluran komunikasi Interpersonal atau jaringan antar teman menjadi sumber utama . Individu tergantung pada rekan-rekan dekat mereka untuk inovasi evaluasi informasi, yang mengurangi ketidakpastian mereka tentang konsekuensi inovasi yang diharapkan. Karena biasanya untuk dapat mempengaruhi tentang ide baru tersebut dilakukan secara intesiv terhadap individu, agar hasil lebih optimal.
                Pada saat tahap Konfirmasi, Individu sudah menggunakan Inovasi tersebut dan apabila ingin terus melanjutkan inovasi tersebut, maka baiknya lebih diinformasikan manfaat dari inovasi tersebut ke orang lain. Dan mengkomunikasikan ke individu-individu lain dalam tahap konfirmasi menurut saya lebih baik menggunakan saluran komunikasi media massa.
Kosmopolite dibandingkan dengan Localite
Saluran komunikasi wargadunia (kosmopolit) adalah mereka dari luar sistem sosial;sedangkan Localite adalah yang berasal dalam satu sistem sosial , sementara saluran media massa yang hampir seluruhnya wargadunia. Saluran wargadunia (kosmopolit) ini relatif lebih penting adalah tahap pengetahuan, dan saluran localite relatif lebih penting pada tingkat persuasi dalam proses inovasi-keputusan.
Saluran Komunikasi dengan Kategori Adopter
Pada sistem waktu yang memiliki pengalaman dengan inovasi. Kemudian dapat menerapkannya tidak perlu mengandalkan begitu banyak pada saluran media massa karena interpersonal, pengalaman lokal sudah menumpuk dalam sistem mereka pada saat memutuskan untuk menerapkan. Mungkin pengaruh antar pribadi tidak begitu diperlukan untuk memotivasi dapat menerapkannya awal untuk memutuskan positif pada inovasi. Mereka memiliki orientasi yang lebih berani, dan stimulus Media massa adalah pesan yang cukup untuk memindahkan mereka di atas ambang mental untuk penerapan. Tetapi pengadopsi kurang berorientasi pada perubahan nanti membutuhkan pengaruh yang lebih kuat dan lebih cepat, seperti yang dari jaringan antarpribadi.
Kosmopolite ini relatif lebih penting daripada localite untuk adopter agar untuk adopter kemudian: mirip dengan lead baru disajikan Penalaran. mereka yang mengadopsi pertama lebih cenderung bergantung pada Kosmopolite .  adopter awal, pada gilirannya, bertindak merupakani saluran antar pribadi dan localite untuk kemudian mengadopsi-rekan mereka.

Referensi :
http://ruangdosen.wordpress.com/2008/09/10/kontribusi-teori-teori-komunikasi-dalam-komunikasi-inovasi/



14 comments:

Calvin Halim said...

wadoh..mata harus melek baca nih haha

Calvin Halim said...

penuh pembelajaran & ilmu stelah baca ini (y)

Tia Monica said...

menambah pengetahuan diri sendiri ..dan mungkin masih banyak hal lain, tidak hanya komunikasi yang berperan penting dalam proses inovasi dan difusi .

Mery Swift said...

Berbicara inovasi dan difusi sangat berperan aktif adalah komunikasi dimana adanya inovasi biasanya di dapat seseorang melalui komunikasi yang terjalin
Dan difusi merupakan suatu pertukaran komunikasi antara seseorang dengan orang lain sehingga menghasilkan suatu inovasi atau ide baru
So komunikasi, difusi ,dan juga inovasi adalah suatu kata yang selalu di kaitkan/dihubungkan satu sama lain :D

Marina Arifin said...

bagus pak artikelnya :)

Marina Arifin said...

pak, gimana cara vote "berapa kali anda berdoa dalam sehari?"
kok gak bisa divote

Leonakardo Bee said...

Bagus pak artikelnyo, siip dah (y)

Marini Arifin said...

good job

yohanes ujang said...

kurang panjang artikelnyo pak
haha

Thesia Wijaya said...

Bagus pak artikelnyo, siip dah (y)

Redyanza Bee said...

keren pak, bnyk in lagi artikel , biar kami" lebih bnyk lg dpt ilmu .. :D

Leonakardo Bee said...

Btolbtolbtol :D

chandra theng said...

wah luar biasa pak :)

chandra theng said...

artikel ttg masa depan pak :)

Loading...

Song Favorit

Maturnuwun atas kunjungan anda dan tetap berbagi

Translate